Tips Membiasakan Pola Tidur yang Teratur

Sumber gambar: health.detik.com

Bagi sebagian orang pola tidur yang teratur adalah sebuah impian, karena sudah bosam dengan pola tidur yang kacau dan membuat aktivitas dalam sehari-hari tidak maksimal dampak dari kurangnya tidur secara optimal. Di sini kita akan membahas tips yang disarankan oleh Janet Kennedy, PH.D. psikolog klinis dan pendiri Sleep Doctor yang berbasis di New York.

1. Bangun tidur di waktu yang sama

Setel waktu dan gunakan alarm yang tak mengejutkan untuk memulai pola tidur baru Anda ini. Tujuannya agar tubuh Anda terbiasa dengan ritme baru ini.

2. Hindari beraktivitas di tempat tidur sampai waktunya istirahat

Biasakan untuk tidak membuka laptop atau menggunakan gadget di kasur jika belum waktunya tidur. Ini juga untuk membiasakan tubuh agar benar-benar beristirahat begitu Anda merebahkan diri di kasur.

3. Jauhkan diri dari gawai

Sejalan dengan poin sebelumnya, stop menggunakan gawai Anda minimal sejam sebelum tidur agar tubuh punya waktu untuk rileks. Jauhkan juga laptop, ponsel, dan gawai lainnya dari jangkauan agar Anda tak tergoda untuk terus mengoperasikannya.

4. Ciptakan rutinitas sebelum tidur yang menenangkan

Tujuannya untuk memberi tahu tubuh bahwa sudah waktunya untuk beristirahat sehingga tubuh berada dalam kondisi rileks yang memudahkan Anda untuk tidur lebih nyenyak. Anda bisa menandai waktu tidur dengan mulai membersihkan diri atau mengaplikasikan skin care favorit setiap malam. Opsi lain, bisa dengan menyalakan aromatherapy yang membantu relaksasi pikiran sehingga tidur lebih nyenyak!

5. Hindari makan berat

Pastikan untuk berhenti makan makanan berat dan hindari camilan tak sehat maksimal tiga jam sebelum waktu tidur Anda. Ini untuk menyiapkan tubuh agar bisa beristirahat, termasuk organ pencernaan Anda.

6. Stretching

Biasanya, aktivitas fisik atau olahraga akan membuat Anda segar kembali. Karena itu, ada baiknya untuk melakukan latihan ringan seperti gerakan stretching yang membuat otot tubuh lebih nyaman tanpa keringat. Anda pun jadi siap tidur!

7. Siapkan catatan di dekat tempat tidur

Bagi beberapa orang, momen memejamkan mata sebelum tidur menjadi salah satu "AHA! moment". Untuk itulah, selalu siapkan pulpen dan kertas catatan untuk menuliskan ide-ide yang muncul agar tak berlarian bergitu saja dalam benak Anda. Percayalah, esok hari Anda tak akan punya detail plus semangat yang sama untuk meringkasnya kembali.

Sumber : https://womantalk.com/health/articles/kata-pakar-7-cara-ini-bisa-membantu-anda-membiasakan-pola-tidur-yang-lebih-teratur-y1648

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-