Selain untuk Mandi, Inilah 5 Fungsi Antiseptik Cair yang Perlu Kamu Tahu

Sumber gambar: liputan6.com

Antiseptik cair dikenal sebagai cairan yang mampu membunuh kuman. Umumnya cairan ini dapat digunakan untuk kulit ketika mandi. Menurut WHO, antiseptik dinilai tidak berbahaya bagi kulit sebab kandungan biosida dalam antiseptik lebih kecil daripada disinfektan. Jenis antiseptik cair pun beragam seperti halofenol, alkohol, chlorexidine (klorheksidin), antibacterial dye, peroksida dan permanganate. Selain dapat digunakan untuk mandi, antiseptik bisa digunakan untuk membersihkan lingkungan dan tujuan medis lho! Berikut ini rangkumannya.

1. Mencuci tangan

Selain digunakan untuk mandi, antiseptik juga dapat digunakan untuk mencuci tangan. Antiseptik dinilai efektif untuk membunuh kuman dan digunakan untuk tujuan medis. Ketika akan menyentuh bagian tubuh yang terkena luka, kam bisa memanfaatkan antiseptik untuk cuci tangan terlebih dahulu.

2. Membersihkan benda sekitar

Untuk menjaga tubuh dari kuman, kamu juga bisa memanfaatkan antiseptik untuk membersihkan barang-barang atau benda mati yang sering disentuh oleh tangan. Hal ini tentu saja untuk mencegah kuman yang berasal dari benda-benda yang kotor.

3. Menyembuhkan luka ringan

Antiseptik bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka ringan seperti luka akibat lecet, gigitan serangga, dan luka bakar ringan. Antiseptik dapat berfungsi untuk meminimalisir risiko infeksi.

4. Mencuci pakaian

Antiseptik dapat dicampurkan dengan air yang akan digunakan untuk mencuci pakaian. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman yang menempel pada pakaian.

5. Membersihkan lantai

Untuk memastikan ruangan rumah benar-benar bersih, kamu dapat memanfaatkan antiseptik untuk membersihkan lantai. Antiseptik dapat membunuh kuman di lantai, lho!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/fungsi-antiseptik-cair/

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-