Perlu Kamu Ketahui, 5 Penyebab Nyeri Punggung Bawah

Sumber gambar: alodokter.com

Nyeri punggung bagian bawah akan sangat mengganggu aktivitas apabila terus terjadi setiap waktu. Nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP) dapat ditandai dengan nyeri yang menusuk, otot yang kaku, bahkan dapat membuat penderitanya kesulitan untuk berdiri. Nyeri ini juga dapat menjalar pada bagian tubuh lain seperti paha atau betis. Nyeri punggung bawah dapat dipicu oleh kebiasaan tertentu, seperti berikut ini.

1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat memberikan tekanan lebih besar pada tulang belakang. Maka tidak heran bahwa terlalu lama duduk dapat menyebabkan sakit punggung. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa memanfaatkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan apabila pekerjaan atau aktivitasmu mengharuskan untuk selalu duduk di depan komputer atau laptop.

2. Membawa beban berat

Membawa beban berat pada satu sisi tubuh dapat menyebabkan bahu dan tulang belakang tidak seimbang. Solusinya, kamu dapat menggunakan ransel agar tekanan pada bahu lebih merata. Atau, kamu dapat membawa sebagian barang dalam kantong atau troli khusus untuk mengurangi beban yang kamu bawa.

3. Menggunakan hak sepatu terlalu tinggi

Sering menggunakan hak sepatu tinggi juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menggunakan hak sepatu tinggi dalam jangka waktu yang lama. Sepatu hak tinggi memberikan tekanan pada tumit dan membuat pegal.

4. Kurang berolahraga

Kurang olahraga menyebabkan seseorang rentan terkena sakit punggung. Oleh karena itu, ada baiknya untuk rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

5. Stress

Perlu kamu ketahui bahwa stres membuat otot leher dan punggung berkontraksi sehingga menegang dan kaku. Hal ini dapat memicu nyeri pada punggung bawah. Solusinya, kamu bisa mengelola stress dengan baik dengan istirahat yang cukup, berolahraga, dan makan makanan sehat.

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/7-kebiasaan-pemicu-nyeri-punggung-bawah

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-