Agar Tetap Pede, Ketahui 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan

Sumber gambar: suara.com

Bau badan selalu dianggap memalukan oleh banyak orang. Tak heran, baik pria atau wanita yang memiliki keringat berlebih dan bau badan yang tak sedap sering mengalami krisis percayadiri.

Untungnya ada cara menghilangkan bau badan yang sudah banyak terbukti ampuh sehingga Anda tak perlu lagi paranoid. Yakni dengan mulai dari menerapkan kebiasaan diri yang bersih atau personal hygiene dan merawat tubuh dengan baik. Agar kalian terhindar dari bau badan seeing lakukan hal-hal di bawah ini :

1. Jangan malas mandi

Mandi dua kali sehari secara teratur dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Mengutip WebMD, penggunaan sabun antibakteri atau antiseptik sangat disarankan. Ketika mandi gosok dan basuh kulit sampai benar-benar bersih terutama di area yang cenderung berkeringat. Pastikan keringat, minyak, dan kotoran hilang, untuk mengusir bakteri pemicu bau badan.

2. Cukur dan waxing

Sebuah studi yang dilakukan pada 2016 mengungkapkan bahwa mencukur atau mencabut bulu ketiak dengan cara waxing dapat mengurangi bau badan secara signifikan, merujuk NationalCenter for Biotechnology Information. Alasannya, pembersihan lebih optimal pada kulit yang dicukur atau di-wax. Dalam penelitian tersebut mengungkapkan, bau badan tidak kembali muncul usai bulu ketiak dicukur dan dibilas dengan sabun. Jika kamu menderita karena bau badan atau bau ketek, pertimbangkan untuk mencukur bulunya secara teratur dengan pisau cukur. Datang ke salon untuk waxing juga bisa menjadi pilihan. Jika kamu tak nyaman mencukur semuanya, trim atau potong dengan gunting juga dapat membantu mengurangi bau badan tak sedap.

3. Selalu gunakan deodoran

Deodoran memang tidak akan menghindari tubuh dari keringat, tetapi dapat membantu Anda menghentikan sumber bau, yaitu bakteri. Selalu aplikasikan deodoran seusai mandi ketika permukaan tubuh bersih dan kering setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Deodoran membuat bakteri tak nyaman tinggal di ketiak. Deodoran juga membantu menutupi bau badan dengan aroma wanginya. Di sisi lain, kandungan antiperspiran pada deodoran memblokir kelenjar keringat untuk memproduksi lebih banyak keringat. Jika bau badan kamu sangat menyengat, cari produk dengan persentase bahan aktif yang lebih tinggi.

4. Jangan sembarang memilih pakaian agar terhindar dari bau badan

Jika kamu merupakan pribadi yang sibuk dan aktif namun mudah berkeringat, direkomendasikan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan bahan kain yang breathable seperti katun, linen, sutera, atau wol. Keempat material ini lebih adem ketika dikenakan, memungkinkan 'kulit mudah bernapas', dan keringat lebih cepat menguap.  Sedangkan pakaian berbahan polyester, spandex, nilon, atau rayon merupakan surga bagi bakteri untuk berkembang biak. Kain berserat sintetis ini cenderung panas dan memerangkap keringat sehingga cepat menimbulkan bau badan. Sebagai perbandingan, serat wol memiliki kemampuan menyerap uap air atau keringat paling baik, dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan pakaian berbahan katun dan 30 kali dari polyester.

5. Cuci pakaian secara teratur

Mencuci pakaian usai dikenakan bisa sangat membantu mengurangi bau badan. Cuci dan kucek pakaian, terutama di daerah yang rentan menjadi sarang bakteri. Hindari menggunakan pakaian yang sama berulang kali. Meski tidak semua pakaian perlu dicuci usai dipakai seperti jaket dan sweater, pertimbangkan untuk mencucinya lebih rajin jika kamu cenderung berkeringat banyak dan beraktivitas di luar ruangan. Kemeja, blouse, T-shirt, pakaian dalam, maupun kaus kaki harus segera dicuci setelah satu kali pemakaian. Dengan selalu mengenakan pakaian baru dan beraroma segar meminimalisasi kemunculan bau badan.

Sumber :

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200414184951-255-493560/cara-menghilangkan-bau-badan-dengan-cepat-dan-ampuh

 

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-