5 Menu Makanan Sehat Saat Lebaran

Sumber gambar: matain.id

Tidak terasa sudah berada di penghujung bulan Ramadan dan setelah ini akan ada Hari Raya Idul Fitri untuk merayakan kemenangan yang telah dicapai setelah 30 hari berpuasa.  Meski tahun ini kita tidak bisa mudik lebaran dan mengikuti arahan pemerintah untuk lebaran di rumah saja jangan khawatir kita bisa menikmati lebaran dengan suka cita apalagi dengan menu makanan yang sehat.  Ketika lebaran cenderung makanan yang di hidangkan dapat dikatakan kurang sehat karena mempunyai kandungan lemak yang tinggi dan lainnya.  Di sini kita akan memberikan beberapa menu makanan sehat yang tepat dikonsumsi saat lebaran tiba. 

1. Daging Tanpa Lemak

Semur, rendang, dan sambal goreng ati, pasti sangat menggugah selera, ya. Tapi sayangnya, kalau terlalu berlebihan kamu konsumsi akan berujung pada masalah kesehatan.

Meski begitu, bukan berarti kamu harus menahan selera untuk makan daging. Kamu tetap bisa kok menikmati makanan berbahan daging di Hari Raya Idul Fitri nanti.

Tipsnya, cobalah pilih daging yang tidak memiliki lemak, misalnya saja bagian daging has dalam.

2. Opor Ayam Tanpa Santan

Opor ayam akan selalu dinantikan banyak orang di momen Lebaran. Saking rindunya dengan makanan satu ini, banyak orang yang sampai kalap menyantap opor ayam dalam porsi berlebihan.

Kalau kamu lakukan itu, tentu saja akan berdampak pada meningkatnya kolesterol dan berat badan akan cepat naik selama libur Lebaran.

Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa membuat sajian opor ayam di rumah jadi lebih sehat dikonsumsi tanpa menghilangkan kelezatannya.

Caranya dengan mengganti santan pada opor ayam dengan bahan lain seperti kemiri dan kacang yang ditumbuk halus, atau susu kedelai.

3. Ketupat Beras Merah

Sama seperti opor ayam, ketupat juga mengandung lemak tinggi. Nah, supaya ketupat yang kamu buat lebih bergizi, coba deh ganti beras putih dengan beras merah, beras cokelat, atau beras hitam.

Namun dari semua jenis beras itu, disarankan untuk menggunakan beras merah karena kaya akan serat, zat besi, dan vitamin B ketimbang jenis beras lain.

Walaupun beras putih diganti beras merah, itu tidak akan mengubah rasa dan kenikmatan ketupat kok. Jadi, kamu bisa menyantap menu Lebaran sehat ini tanpa perlu takut kolesterol naik.

4. Ikan dan Sayur Sop

Kamu termasuk pecinta ikan? Nah, tidak ada salahnya kamu tambahkan menu ikan dan sayur sop sebagai menu Lebaran sehat nanti.

Komposisi sayur sop dan ikan jadi kombinasi ideal dan menyehatkan bagi tubuh. Supaya makin menggugah selera, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam sop, seperti telur puyuh, macaroni, hingga sosis.

5. Tekwan

Catatan buat para penderita darah tinggi, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan dan berbahan daging saat Lebaran nanti, ya.

Tips biar kamu tetap bisa makan sehat saat Lebaran yaitu membuat menu makanan sehat tanpa santan, salah satunya tekwan.

Tekwan sendiri bentuknya mirip dengan bakso, tapi bahan utamanya adalah ikan. Jadi, menu makanan ini akan aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

 

Sumber:

https://www.indozone.id/food/Aqsbpnl/menu-makanan-sehat-saat-lebaran

 

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-