4 Penyebab Sakit Saat Buang Air Kecil

Sumber gambar: idntimes.com

Pernahkah kamu merasa nyeri saat buang air kecil? Nyeri saat buang air kecil ternyata dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Nyeri saat buang air kecil tidak berarti seseorang mengidap penyakit kelamin. Oleh karena itu, yuk ketahui beberapa penyebab sakit saat buang air kecil!

1. Kurang minum

Salah satu penyebab rasa nyeri saat buang air kecil adaalah dehidrasi. Kurang minum air putih juga dapat ditandai dengan air kencing yang berwarna kecokelatan. Untuk menghindari hal ini, usahakan selalu meminum air putih setiap hari. Selain itu, minum air putih setelah berolahraga juga dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi, karena saat berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan.

2. Sering menahan buang air kecil

Kebiasaan buruk seperti sering menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan penumpukan urine pada ginjal dan kantung kemih. Penumpukan ini lama kelamaan akan menimbulkan rasa sakit ketika buang air kecil.

3. Melakukan aktivitas yang menyebabkan pergesekan genital dengan benda keras

Sakit saat buang air kecil juga bisa disebabkan karena kamu melakukan aktivitas tertentu yang menyebabkan area genital bergesekan pada benda keras. Salah satu aktivitas yang dapat memicu hal ini seperti bersepeda rutin dengan kondisi sadel sepeda yang keras. Pergesekan ini bisa menyebabkan luka pada area luar genital, sehingga menyebabkan rasa nyeri saat berkemih.

4. Infeksi saluran kemih

Penyebab sakit saat buang air kecil adalah infeksi saluran kemih. Infeksi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti  Escherichia coli yang masuk ke saluran uretra yang terjadi karena buang air kecil di tempat umum yang tidak terjaga kebersihannya, iritasi saat berhubungan intim, dan sembelit.

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/sakit-saat-buang-air-kecil-mungkin-4-hal-ini-penyebabnya

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-