Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Sumber gambar: merdeka.com

Bagi sebagian orang ketumbar hanyalah bumbu dapur yang biasa digunakan untuk mempersedap makanan yang kita buat. Namun, ada fakta lain mengenai ketumbar yang belum diketahui banyak orang. Bahwa ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut adalah manfaat ketumbar untuk kesehatan :

1. Mengatasi diabetes

Manfaat ketumbar bagi kesehatan yaitu dapat berguna bagi penderita diabetes. Mengonsumsi biji ketumbar baik dalam bentuk ekstrak maupun minyak ketumbar dapat membantu menurunkan gula darah. Selain itu, bumbu rempah yang satu ini dianggap baik bagi penderita diabetes karena mengandung serat tinggi.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL. Tidak hanya itu saja, ketumbar dapat yang berfungsi sebagai diuretik yang membantu tubuh kamu membersihkan kelebihan natrium dan air. Hal inilah yang dapat menurunkan tekanan darah kamu.

3. Memperkuat imunitas tubuh

Ketumbar juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan juga dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Menjaga kesehatan otak

Sifat anti-inflamasi yang ada pada biji ketumbar dapat mencegah berbagai penyakit otak. Tidak hanya itu saja, ketumbar juga dapat meningkatkan daya ingat.

5. Menurunkan risiko kanker

Sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition tahun 1999 membuktikan ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat mencegah terbentuknya sel heterocyclic amine (HCA). HCA merupakan zat kimia yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Sumber :

https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/info-sehat/manfaat-ketumbar-bagi-kesehatan/

 

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-