Hati-hati, 5 Penyakit ini Ditandai dengan Bau Mulut

Sumber gambar: liputan6.com

Salah satu masalah yang sering kali dijumpai adalah bau mulut. Bau mulut bisa terjadi karena kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Meski begitu, bau mulut juga dapat menjadi tanda penyakit tertentu. Berikut ini adalah daftar penyakit yang harus diwaspadai dan ditandai dengan bau mulut, di antaranya:

1. Gigi berlubang

Saat gigi berlubang, sisa makanan dapat “terjebak” di dalam gigi yang berlubang. Dalam waktu yang lama, sisa makanan tersebut dapat membusuk dan menyebabkan bau mulut.

2. Sinusitis

Penyakit selanjutnya yang ditandai dengan bau mulut adalah sinusitis. Bau mulut dapat terjadi apabila lendir dari hidung turun ke tenggorokan. Bau mulut penderita sinusitis cenderung berbau seperti kotoran. 

3. Penyakit asam lambung

Bau mulut karena penyakit asam lambung cenderung berbau asam. Hal ini terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan bau asam pada mulut.

4. Diabetes

Bau mulut yang muncul karena diabetes berbau seperti buah. Bau mulut ini muncul saat jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh membakar lemak sebagai gantinya. Dari pembakaran lemak ini, terbentuklah asam keton yang menimbulkan bau mulut menyerupai aroma buah.

5. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal juga dapat ditandai dengan bau mulut. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak dapat dibuang melalui urine. Racun dan zat sisa ini kemudian menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang dapat tercium dari mulut.

Sumber:

https://www.alodokter.com/berbagai-penyakit-yang-ditandai-dengan-bau-mulut

 

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-