5 Penyebab Perut Terasa Begah

Sumber gambar: solopos.com

Begah merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi perut yang terasa penuh, padat, kencang, dan sesak. Kondisi ini tentu saja membuat tidak nyaman ketika beraktivitas. Beberapa orang bahkan mengatakan kalau kondisi ini dibarengi oleh rasa perih pada perut. Lalu, sebenarnya apa saja sih penyebab perut begah? Simak berikut ini!

1. Menelan banyak udara

Perut dapat terasa begah karena tubuh yang menelan banyak udara. Hal ini dapat dipicu misalnya ketika makan cepat-cepat, makan sambil mengobrol, atau mengunyah permen karet. Pada dasarnya perut sudah mengandung gasnya sendiri yang dihasilkan oleh usus. Ini adalah proses normal bila jumlah gasnya tidak banyak. Namun semakin banyak gas yang terperangkap di dalam, perut lama-lama akan terasa padat dan kembung.

2. Makan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh

Perut yang begah juga dipicu oleh makanan tertentu yang sulit dicerna oleh tubuh. Makanan tersebut antara lain kembang kol, brokoli, dan kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat kompleks sehingga lebih lama diolah oleh usus. Selama makanan tersebut mengendap dalam perut, bakteri di usus akan menghasilkan gas hidrogen dan karbon dioksida yang membuat kembung.

3. Pertumbuhan bakteri

Penyebab lain perut begah adalah karena pertumbuhan bakteri yang berlebihan dalam usus kecil. Hal ini akan meningkatkan produksi gas dalam usus sehingga menyebabkan perut jadi begah.

4. Menstruasi

Saat sedang menstruasi dapat menyebabkan  perubahan kadar progesteron dan estrogen dan menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam. Kemudian, sel-sel tubuh menjadi bengkak dengan air sehingga perut begah dan kembung.

5. Penyebab lain seperti penyakit

Perut yang begah juga bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit seperti gangguan pencernaan hingga kanker.

 

Sumber:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-gejala-obat-perut-begah/

 

 

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-