5 Makanan yang Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sumber gambar: alodokter.com

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, di antaranya dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Jika kita berbicara soal makanan yang sehat, maka pilihan yang baik jatuh pada makanan yang mengandung senyawa fitonutrien. Senyawa ini biasanya terkandung dalam sayur dan buah-buahan. Selain itu, beberapa makanan berikut ini juga mengandung fitonutrien, di antaranya:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung fitonutrien yang tinggi. Kacang-kacangan juga mengandung serat dan air yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan membuat seseorang cepat kenyang sehingga meminimalisir mengonsumsi banyak kalori.

2. Anggur

Buah yang satu ini juga dapat mencegah penyakit jantung. Anggur juga mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

3. Apel

Selain mengandung fitonutrien, buah apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin. Senyawa ini merupakan zat antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh juga dapat meningkatkan kesehatan jantung lho! Biji-bijian seperti gandum, beras merah dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral seperti zat besi, zinc, dan magnesium.

5. Buah beri

Buah seperti blueberrystrawberryraspberry, dan blackberry memiliki kandungan serat dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko serangan jantung. Oleh karena itu buah beri dapat dijadikan cemilan yang sehat.

Sumber:

https://www.halodoc.com/7-makanan-sehat-yang-baik-untuk-jantung

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-