4 Obat Alami untuk Meredakan Flu dan Batuk

Sumber gambar: cantik.tempo.co

Ketika flu dan batuk, tenggorokan kita menjadi gatal, hidung tidak hentinya meler, dan gejala lain yang mengganggu aktivitas. Beruntungnya ada obat flu dan batuk alami yang bisa kita coba di rumah. Obat alami bisa menjadi alternatif jika kita tidak ingin menggunakan obat-obatan berbahan kimia yang mungkin punya efek samping yang tidak kamu inginkan. Apa sajakah obat alami tersebut? Yuk simak di bawah ini!

1. Jahe

Manfaat jahe sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Selain untuk penyedap, beberapa irisan jahe yang dicampur dengan air hangat juga dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Penelitian juga menunjukan bahwa rebusan air jahe bisa meredakan rasa mual yang sering dialami saat terserang flu.

2. Madu

Obat flu dan batuk alami lain yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah adalah madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi campuran madu dengan air lemon.

Campuran ini diketahui dapat meredakan sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa madu juga merupakan penekan batuk yang efektif termasuk untuk anak-anak.

Dalam penelitian, peneliti menemukan bahwa memberi anak-anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi keparahan gejala batuk dan gejala flu. Selain itu, anak-anak juga bisa tidur lebih nyenyak.

Tapi ingat ya, kamu tidak boleh memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun. Ini karena sebagian madu mengandung spora botulinum, di mana sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah belum mampu mencernanya.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba. Makan bawang putih mentah atau bisa juga mencampurkannya dalam air hangat dapat mengurangi gejala flu.

Bahkan, menurut beberapa penelitian, bawang putih dapat mencegah flu sejak awal.

Jadi, ketika kamu mulai merasa gejala batuk atau flu tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa bawang putih ke dalam makanan, ya.

4. Jeruk

Vitamin C punya peran besar bagi kesehatan tubuh. Salah satu sumber vitamin C yang kaya adalah buah-buahan citrus seperti jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, lemon.

Menambahkan beberapa perasan air jeruk ke dalam teh dan madu pun bisa menjadi obat flu dan batuk alami yang ampuh. Campuran tersebut bisa meredakan dahak di tenggorokan.

Mengonsumsi vitamin C saat flu dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas dan penyakit lainnya.

Sumber :

https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/obat/obat-flu-dan-batuk-alami/

My Bag 0

Your bag is empty.



Subtotal
-